Kompas.com - 08/10/2014, 14:21 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com -  Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan rupiah melorot, pasca terpilihnya pimpinan MPR dari Koalisi Merah Putih (KMP) dengan Zulkifli Hasan dari Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi Ketua MPR. Adakah hubungannya?

Menurut ekonom dan akademisi dari Universitas Gadjah Mada, Poppy Ismalina, kemungkinan dua hal tersebut saling berkaitan.

"Sekarang ini PAN masih masuk dalam KMP. Tentu, saya sangat meyakini ini makin menambah kegalauan investor akan bargaining poin Jokowi di mata legislatif maupun MPR," ujar Poppy, Rabu (8/10/2014).

Informasi saja, IHSG dibuka turun 40 poin di bawah 5.000, sementara rupiah di pasar spot siang tadi sempat melorot ke Rp 12.266 per dollar AS.

Menanggapi hal ini, Poppy tetap optimis bahwa masyarakat Indonesia, termasuk para investor dan pelaku ekonominya, sudah dewasa dalam menyingkapi hal tersebut. Dia juga percaya bahwa Joko "Jokowi" Widodo akan menunjukkan kepemimpinan yang kuat dan bisa memimpin masyarakat tanpa menghiraukan gangguan. "Akan ada kekuatan alamiah untuk menghadang politik balas dendam," ujar Poppy.

"Lama-kelamaan, masyarakat publik akan jenuh juga dengan KMP. Gejolaknya hanya temporer. Sementara, kalau medium term atau long term itu dari luar," imbuhnya.

Poppy menekankan, pebisnis berbagi optimisme. "Pebisnis juga tahu tidak ada etika baik di dunia politik. Sekarang masyarakat lebih pintar daripada politikus yang jualan omong kosong," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.