Dirut BEI: Asing Jual Saham, Kesempatan Bagi Investor Domestik

Kompas.com - 09/10/2014, 12:13 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Ito Warsito mengimbau kepada investor domestik agar memandang kondisi pasar modal Indonesia dengan positif, walau saat ini terjadi sedikit pelemahan pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

"Sebetulnya  saat ini adalah kondisi sangat bagus bagi investor domestik untuk mulai masuk ke pasar saham Indonesia," kata Ito saat ditemui di gedung BEI, Jakarta, Kamis (9/10/2014).

Menurut Ito, berkaca pada data statistik saat ini para investor asing masih menjadi dominan di pasar saham dalam negeri, dengan porsi 64 persen. Sementara, sisanya dikuasai oleh investor domestik.

"Ini kesempatan reposisi, investor domestik untuk memperbesar porsi investasinya di Bursa Efek Indonesia. Harga saham turun karena investor asing jual, maka investor domestik untuk masuk (beli)," ujar Ito.

Ketika harga saham murah sudah dimanfaatkan oleh investor domestik, maka nantinya saat investor asing masuk kembali, harga saham yang telah dijualnya sudah mahal.

Pada pembukaan perdagangan hari ini, tercatat investor asing menjual saham senilai Rp 62,2 miliar dan pembelian sebanyak Rp 49,1 miliar.(Seno Tri Sulistiyono)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X