Astra Bangun Tol untuk Strategi Bisnis Jangka Panjang

Kompas.com - 11/10/2014, 13:46 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Langkah PT Astra International Tbk membangun tol didorong oleh strategi bisnis jangka panjang perusahaan tersebut.

Deputy Director PT Astra International Tbk., Paulus Bambang WS, mengatakan dalam masanya nanti, tol akan memberikan pemasukan rutin yang stabil bagi Astra.

"Tol bukan bicara berapa kontribusi, tapi long term. Nanti 2025-2030 kita punya recurring revenue yang strong untuk bantu Astra yang otomotifnya up and down," ujar Paulus seusai menjadi pembicara dalam Indonesia Knowledge Forum III 2014 di Jakarta, Jumat (10/10/2014).

Sebagai catatan, PT Astra International Tbk akan mengeluarkan biaya investasi sedikitnya Rp 1 triliun untuk pengembangan jalan tol Mojokerto-Kertosono. Pembangunan tol sepanjang 40,5 km akan dibagi menjadi empat seksi, dengan pembagian seksi I sepanjang 15 km, seksi II 20 km, seksi III 5 km, dan seksi IV setengah km.

Menurut Paulus, seksi I sudah siap diresmikan minggu depan. Sementara, perusahaan akan memfokuskan diri pada penyelesaian seksi II dan III di tahun depan. "Tadi seksi I hampir selesai, 13 Oktober. Minggu depan insyaallah diresmikan Pak Menteri. Seksi II, III targetnya Juli 2015. Seksi I 15 km. Seksi II yang paling panjang 20 km," ujarnya.

Grup Astra pun selama paruh pertama 2014 ini sudah menunjukkan keseriusannya di bidang infrastruktur. Hingga semester I-2014, Grup Astra telah menggelontorkan dana sekitar Rp 1,2 triliun untuk infrastruktur. Perseroan mengalokasikan dana sekitar Rp 2,5 triliun tahun ini untuk infrastruktur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.