Wamen ESDM: Impor BBM Seperti Menggarami Laut, Tidak Berguna!

Kompas.com - 12/10/2014, 08:37 WIB
Wakil Meteri ESDM Susilo Siswoutomo KOMPAS.com/Rio KuswandiWakil Meteri ESDM Susilo Siswoutomo
EditorErlangga Djumena

JAKARTA KOMPAS.com
-  Wakil Menteri (Wamen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo  meluncurkan buku yang berjudul "Puasa Subsidi BBM".

Di dalam buku yang setebal 267 halaman itu, Susilo menceritakan kisahnya melakukan renegosiasi pada proyek-proyek di hulu migas dan kontrak karya di sektor pertambangan.

Menurut Susilo impor BBM tidak berguna. Meski tujuan impor BBM untuk masyarakat, namun hal tersebut hanya merugikan negara.

"Impor BBM seperti garamin laut, mau dikasih garam nggak tanpa hasil, jadi tidak berguna," ujar Susilo, di Kementerian ESDM, Sabtu (11/10/2014).

Menurut Susilo anggaran untuk impor BBM sudah terlalu besar. Anggaran sebesar itu seharusnya bisa diperuntukan untuk hal lain.

"Karena subsidi BBM kita Rp 1 triliun per hari," ungkap Susilo.

Susilo pun berharap, saat ia lengser 20 Oktober mendatang akan muncul pemimpin yang mengerti pentingnya isu energi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ke depan tanggal 20 saya nggak jadi Wamen, tolong hal yang baik dilanjutkan dengan pemerintah yang baru," papar Susilo.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.