Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digarap Konsorsium BUMN, Monorel Cawang-Bekasi-Cibubur Rampung 2018

Kompas.com - 13/10/2014, 07:26 WIB

BEKASI, KOMPAS.com - Pembangunan jalur monorel Cawang-Bekasi-Cibubur, yang digarap oleh Konsorsium BUMN, diperkirakan akan rampung pada 2018.

"Pengerjaan kostruksi monorel Cawang-Bekasi-Cibubur dikabarkan berlangsung pada 2015 mendatang. Konstruksinya butuh waktu pengerjaan sekitar tiga tahun," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Supandi Budiman di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (12/10/2014).

Menurut dia, pengembangan monorel fase pertama akan mengambil rute Bekasi Timur-Cawang, Cibubur-Cawang, selanjutnya Cawang-Kuningan.

Pembangunan monorel tersebut telah diluncurkan Menteri BUMN Dahlan Iskan dengan nama Jakarta Link Transportation (JLT).

Proyek itu tengah digarap konsorsium BUMN yang beranggotakan, PT Adhi Karya Tbk, PT Inka, PT LEN, PT Jasa Marga, dan PT Telkom dengan menelan dana Rp 7 triliun.

Menurut Supandi, sarana rasportasi itu akan melintasi tepian Kalimalang, Bekasi atau sejajar dengan jalur tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu (Becakayu).

Jalur monorel dimulai dari Cawang membentang sampai Bulak Kapal, Bekasi Timur, Kota Bekasi. "Monorel ini ditargetkan bisa digunakan masyarakat Kota Bekasi pada 2018," katanya.

Armada tersebut juga akan terkoneksi dengan moda transpotasi di Jakarta seperti bus Transjakarta yang akan memudahkan masyarakat menjangkau daerah di Jakarta.

Supandi menambahkan, untuk mendukung tahap pertama pengerjaan monorel, pihaknya akan membangun dua stasiun di Bekasi Barat dan Bekasi Timur.

Nantinya, stasiun itu akan dilengkapi dengan area parkir kendaraan pribadi masyarakat agar mereka beralih ke moda trasnportasi massal. "Kami masih menunggu perkembangan dari pemerintah pusat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com