Terpisah dari Kemenkeu, BPN Boleh Bikin Aturan Pajak?

Kompas.com - 13/10/2014, 14:51 WIB
Menteri Keuangan M Chatib Basri. KOMPAS.com/Sakina Rakhma Diah SMenteri Keuangan M Chatib Basri.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan, ada tiga opsi yang bisa menjadi alternatif bentuk Badan Penerimaan Negara (BPN) sebagai pengganti Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Salah satu opsinya adalah, badan ini berdiri di luar Kementerian Keuangan.

Chatib menjelaskan, meski terpisah dari Kementerian Keuangan, yang secara otomatis lebih fleksibel, namun BPN tidak bisa membuat regulasi atau mengambil kebijakan terkait perpajakan. “Enggak, BPN collect saja. Semua itu sifatnya collect. Karena biar bagaimanapun, kebijakan fiskal tetap harus di Kemenkeu,” kata Chatib ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (13/10/2014).

Sebelumnya dikabarkan, Kementerian Keuangan memiliki tiga opsi bentuk BPN. Pertama, BPN menjadi lembaga sendiri namun tetap di bawah Kemenkeu. Kedua, BPN menjadi lembaga di luar Kemenkeu yang bertanggungjawab langsung ke Presiden. Ketiga, BPN dalam jangka pendek tetap berbentuk DJP seperti sekarang ini, namun diberikan fleksibilitas dalam hal penambahan pegawai, remunerasi, dan lain kewengan.

"Sebetulnya, saya lebih suka menyebutnya Badan Administrasi Penerimaan Negara. Jadi yang meng-administrasi,” ucap Chatib.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.