Kompas.com - 13/10/2014, 14:55 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Panasonic memamerkan beberapa produk dan proyek global dalam acara Panasonic Solution Forum di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (13/10/2014). Salah satu yang produk yang cukup menarik perhatian adalah Panasonic Solar Lantern.

Menurut Presiden Komisaris Panasonic Gobel Indonesia, Rachmat Gobel, Panasonic Solar Lantern merupakan salah satu solusi untuk mengatasi keterbatasan akses listrik di pulau-pulau terpencil. "Akses terhadap listrik sangat menpengaruhi perkembangan ekonomi. Di pulau-pulau terpencil, kami salurkan beberapa ribu solar lantern," ujar Rachmat saat menjadi pembicara dalam Panasonic Solution Forum.

Lebih lanjut kata Rachmat, Panasonic Solar Lantern disediakan untk mengatasi efek pemanasan global saat ini. Teknologi itu menurut dia menggunakan energi tenaga surya melalui 3,5 watt panel tenaga surya dan 5 lampu LED.

Keunggulan teknologi terbaru ini lanjut Rachmat, mampu memberikan penerangan hingga 360 derajat serta baterai isi ulang yang bisa digunakan selama 6 jam.

Saat ini, Panasonic telah menyumbangkan 1.000 solar lantern untk beberapa daerah terpencil di Nusa Tenggara Timur. Sementara itu, terkait produksi massal teknologi tersebut dan keterjangkauan harga, Panasonic mengaku sedang berusaha membuat pabriknya di Indonesia.

Namun, Rachmat belum bisa memastikan kapan pembuatan pabrik Solar Lantern bisa terealisasi. Panasonic sendiri, memiliki sejarah yang panjang di Indonesia.

Dimulai pada tahun 1954, dimana radio "Tjawang" muncul dan diperkenalkan oleh Thayeb Moh. Gobel dan disusul oleh produk TV pertama tahun 1962, kemunculan brand National tahun 1970 yang kemudian bergandi nama menjadi Panasonic tahun 2004.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.