Kompas.com - 16/10/2014, 14:41 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Manajemen pengelolaan kas negara Indonesia selama ini kurang efisien. Untuk itu, pemerintah akan mengubah sistem pengelolaan kas dengan menyatukan semua saldo kas daerah ke Bank Indonesia (BI).

Nama sistem ini adalah "Treasury Dealing Room". Dirjen Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono mengatakan, pengelolaan kas negara selama ini dilakukan secara terpisah karena wilayah Indonesia yang sangat besar.

Secara elektronik pun, Indonesia belum memiliki sistem yang mampu untuk mengumpulkan saldo kas setiap hari. Karena itu, ketika uang kas belum dipakai, maka saldo tersimpan di tiap-tiap kantor bank daerah.

Dengan sistem yang baru ini, secara elektronik, setiap hari pada pukul 17.00, Marwanto mengatakan bahwa saldo-saldo yang ada di kantor daerah akan ditarik semua ke BI. "Kemudian pagi akan dikirimkan lagi. Jadi, ini sebuah pengelolaan kas sehingga kita bisa mengelola kas secara efisien," ujar Marwanto di Jakarta, Kamis (16/10/2014).

Setiap hari, menteri keuangan yang mendapat tugas sebagai bendahara negara akan mengetahui berapa posisi kas negara dengan sistem ini. Kemudian, dari posisi kas terbaru tersebut, menteri keuangan dapat membuat rencana penggunaan kas pada keesokan harinya.

"Sebulan ke depan seperti apa, satu tahun ke depan seperti apa... sehingga kita siap-siap kalau kemudian kita tahu minggu depan akan keluar sejumlah dana untuk subsidi minyak, misalnya. Nanti kita harus cek, ada tidak uangnya. Dengan demikian, ini menjadi lebih efisien," tandas Marwanto. (Margareta Engge Kharismawati)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Kontan


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.