Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Saran agar Pelabuhan RI Makin Efisien

Kompas.com - 21/10/2014, 14:05 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Staf Ahli Bidang Logistik dan Multimoda Perhubungan, Kementerian Perhubungan, Sugihardjo mengatakan, pemerintah ke depan diharapkan lebih concern pada pergerakan barang dan bukan orang.

Pasalnya, pergerakkan orang, hanya memindah atau memutar uang dari satu daerah ke daerah lain. Sementara, pergerakan barang membuat uang yang berputar, volumenya menjadi semakin besar. Dia mencontohkan, keberadaan orang China dari dulu tersebar di seluruh penjuru dunia, namun perekonomiannya begitu-begitu saja.

"Tapi, mulai awal 2000an, barang-barang China sudah ada di seluruh dunia, dia pun menjadi ekonomi raksasa dunia," kata dia, di Jakarta, Selasa (21/10/2014).

Untuk membuat pergerakan barang menjadi lebih cepat dan murah, ada sejumlah hal yang harus dibenahi, yakni di sisi pelabuhan dan di sisi pelayaran. Adapun cara membuat pelabuhan menjadi efisien yakni dengan dua langkah. Pertama, membenahi prosedur di pelabuhan.

Sugihardjo menjelaskan, salah satu caranya bisa dengan pemanfaatan teknologi informasi. Dengan teknologi informasi, maka bukan hanya dwelling time saja yang bisa dibereskan, melainkan juga waiting time.

"Di Surabaya misalnya, nunggu itu lama. Sistem IT ini harus bisa menyelesaikan masalah itu. Untuk diketahui, sejak DJBS mentapkan prosentase jalur merah tinggi, proses dwelling time itu tambah lama," jelas Sugihardjo.

Kedua, untuk membuat pelabuhan efisien maka perlu adanya restrukturisasi kelembagaan. Saat ini banyak sekali instansi yang bekerja di pelabuhan. Namun, instansi-instansi itu berdiri sendiri dan masih tanggungjawab pada vertikalnya masing-masing. Misalnya, Kementerian Perhubungan memiliki pengawas syahbandar. Selain itu ada pula Pelindo, DJBC, kepolisian, TNI AL.

"Itu fungsinya mungkin memang diperlukan, tapi perlu institusi yang jadi koordinator. Jadi kalau ada klaim dari dunia usaha atau pers jelas ke siapa," jelas dia.

Sementara itu dari sisi pelayaran, pemerintah ke depan harus menjalankan Sislognas yang sudah baik konsepnya, serta membangun pelayaran secara hubs and spokes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com