Kompas.com - 23/10/2014, 15:25 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Tokopedia selaku pemilik perusahaan ritel online Indonesia, mendapatkan suntikan dana dari konsorsium investor senilai 100 juta dollar atau sekitar Rp 1,2 triliun.

Investor yang menyuntikkan dana tersebut adalah SoftBank Internet and Media, Inc. (SIMI) yang merupakan pemodal dari Jepang dan Sequoia Capital dari AS. Seiring dengan itu, dua investpr tersebut menjadi pemegang saham di TOkopedia, dan berhak mendapatkan jatah di jajaran direksi.

Didirikan pada tahun 2009, Tokopedia tumbuh pesat dan menjadi salah satu marketplace online terbesar di Indonesia. Dengan adanya pendanaan baru ini, Tokopedia berharap akan semakin fokus dalam mengembangkan pasarnya, serta bersaing se ara global.

“Saya sangat bersemangat dan menyambut baik kehadiran SIMI dan Sequoia Capital sebagai partner baru Tokopedia. Melalui investasi ini, Tokopedia akan memiliki sumberdaya yang cukup untuk membangun tim yang semakin baik," kata CEO Tokopedia William Tanuwijaya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (23/10/2014).

Sementara itu, Vice Chairman dariSoftBank dan CEO SIMI, Nikesh Arora menuturkan pihaknya sangat tertarik dengan pasar di Indonesia. “Kami sangat senang dapat bekerja lebih dekat dengan Tokopedia. Di Asia, khususnya Indonesia, potensi pertumbuhan untuk online, marketplace sangat luar biasa," ujarnya.

Adapun Managing Director, Sequoia Capital India Advisors, Shailendra Singh, menambahkan pihaknya ingin iut mengembangkan bisnis online di Indonesia bersama Tokopedia.

Sementara, Teruhide Sato, CEO Beenos, yang juga menjadi salah satu investor awal di Tokopedia menyambut baik bergabungnya para investor di toko online itu. "Saya percaya, kerjasama strategis ini akan membuka era baru untuk semua perusahaan internet di Indonesia.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.