Kabinet Sesuai Selera Pasar, Rupiah Paling Banter Rp 11.900 per Dollar AS

Kompas.com - 23/10/2014, 18:52 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabinet pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla dinanti-nanti pasar. Sejumlah analis memprediksi kabinet yang sesuai ekspektasi pasar akan memunculkan respon positif dan menguatkan nilai tukar mata uang Garuda.

Namun, menurut ekonom Mandiri Institute Destry Damayanti, kalaupun kabinet yang terbentuk sesuai ekspektasi pasar, hal itu tidak akan mendorong penguatan rupiah terlalu signifikan.

"Enggak akan terlalu banyak juga. Rupiah ini kan faktornya lebih ke non-fundamental yang sangat dominan. Sehingga misalnya faktor itu hilang, aku lihatnya bisa positif, tapi belum di bawah Rp 11.800, masih Rp 11.900 itu kalau kabinetnya sesuai yang diharapkan," kata dia di Jakarta, Kamis (23/10/2014).

Kendati demikian, Destry menambahkan, rupiah berpeluang di bawah Rp 11.800 per dollar AS jika Jokowi bisa menunjukkan kebijakan quick-win. "Mungkin bisa lebih baik lagi Rp 11.700 per dollar AS di next year. Kalau Rp 12.000 saat ini itu menurut saya undervalue, terlalu rendah," imbuh dia.

Destry berharap, Jokowi segera dapat mengakhiri tarik-ulur pemilihan menteri-menteri. "Mati kita seminggu enggak punya menteri. Jadi, jangan terlalu lama vakumnya, ini bahaya," selorohnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.