Bambang Brodjonegoro Kandidat Menkeu, Ekonom Bilang Bisa Langsung Lari

Kompas.com - 24/10/2014, 13:33 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu nama yang mencuat sebagai kandidat calon Menteri Keuangan di kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla adalah Bambang PS Brodjonegoro.

Bambang, merupakan wakil menteri keuangan era Kabinet Indonesia Bersatu II birokrat lama yang muncul di samping nama-nama seperti Darmin Nasution yang disebut-sebut bakal menduduki jabatan Menko Perekonomian, serta Kuntoro Mangkusubroto yang diisukan bakal menjabat Menteri ESDM.

Menurut ekonom Mandiri Institute Destry Damayanti, tidak masalah jika Jokowi memilih wajah-wajah lama. Sebab, "Kabinet kerja, kerja, kerja" membutuhkan figur yang tidak hanya memiliki integritas dan rekam jejak baik, tapi juga sudah menguasai medan.

"Kalau Pak Bambang jadi Menkeu, bagus. Pertama, beliau sudah tahu permasalahan, sehingga bisa langsung lari, kerja," kata Destry, Kamis (23/10/2014).

Alasan kedua, Bambang dinilai memiliki penguasaan makro yang baik. Misalnya, untuk urusan budgeting atau pengelolaan anggaran, maka sosok Menkeu haruslah yang memiliki penguasaan tidak hanya fiskal, tapi juga moneter.

Selain itu, Bambang juga dinilai Destry, memiliki integritas tinggi. "Keempat, dia profesional dan tidak punya afiliasi dengan partai politik. Itu penting. Terakhir, orangnya berani, suaranya lantang dan keras," kata dia.

baca juga: Kabinet Jokowi Tak Kunjung Diumumkan, Pasar Khawatir

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.