Jadi Menhub, Jonan Disarankan Tak Melulu Gunakan Pendekatan Uang

Kompas.com - 27/10/2014, 10:17 WIB
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, diperkenalkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (26/10/2014). TRIBUN NEWS / DANY PERMANA TRIBUN NEWS / DANY PERMANAMenteri Perhubungan Ignasius Jonan, diperkenalkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (26/10/2014). TRIBUN NEWS / DANY PERMANA
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
– Presiden Joko Widodo telah menunjuk Direktur PT KAI Ignasius Jonan sebagai Menteri Perhubungan dalam Kabinet Kerja. Setelah ditunjuk, Jonan tentu saja memiliki pekerjaan rumah yang besar dalam sektor perhubungan.

Di mata pengamat ekonomi Ichsanudin Noorsy, Jonan merupakan sosok yang sangat disiplin karena menerapkan pendekatan uang terutama dalam mengelola PT Kereta Api Indonesia (KAI). Menurut dia, pendekatan Jonan itu merupakan cermin dari seseorang yang memiliki latar belakang keuangan.

“Jonan latar belakangnya financial, dia pernah di Bahana. Di era (Presiden) Abdurahman Wahid, dia jumpa saya dan meminta penjelasanlah mengenai Bahana. Dia kemarin mengelola PT KAI dalam pendekatan financial,” ujar Ichsanudin Noorsy saat ditemui Kompas.com di Wisma Nusantara, Jakarta, pekan lalu.

Meskipun demikian, Noorsy meminta Jonan tidak hanya mendekati sektor perhubungan hanya dengan pendekatan keuangan karena sektor tranportasi publik bisa menjadi sangat komersil.

Sementara itu, pengamat kebijakaan publik sekaligus Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Danang Parikesit justru mendukung penggunaan pendekatan financial tersebut oleh Jonan. Pasalnya kata dia, jika diterapkan dalam internal Kementerian Perhubungan, maka dia yakin tata kelola kementerian akan jauh lebih baik.

“Justru kalau Pak Jonan bisa memanfaatkan kemempuan dia itu pasti akan membentuk tata kelola kementerian. Sehingga akuntabilitas Kementerian Perhubungan akan membaik,” kata dia.

Menurut dia, masyarakat Indonesia berharap banyak kepada Jonan. “Kita menaruh harapan besar kepada Pak Jonan. Nah sekarang kita berharap bahwa Pak Jonan bisa memujudkan harapan masyarakat tersebut,” kata dia.

baca juga: Menhub Ignasius Jonan, Semua Berawal dari Kereta Api

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X