Kompas.com - 27/10/2014, 12:29 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi I hari ini, Senin (27/10/2014) ditutup melemah sebesar 32,95 poin atau 0,65 persen di posisi 5040,11. Pelemahan ini terjadi berbarengan dengan pelantikan Kabinet Kerja pemerintahan Presiden Jokowi.

Sejumlah analis menyebutkan, sejumlah menteri yang berada di kabinet Presiden Jokowi dinilai mengecewakan. Beberapa nama yang dianggap kurang pas adalah Puan Maharani yang duduk sebagai Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan Meteri BUMN Rini Soemarno.

Sebagaimana dikutip dari riset Sucorinvest hari ini, Puan dianggap kurang berpengalaman menduduki posisi tersebut, karena selama ini dia tak pernah bersinggungan dengan isu-isu yang berada di bawah kementerian yang dia pimpin. Sementara itu, Rini diterpa isu tersangkut sejumlah kasus korupsi.

Hanya ada 85 saham yang diperdagangkan menguat, 139 saham melemah dan 87 saham stagnan. Volume perdagangan mencapai 2,26 miliar lot saham senilai Rp 1,77 triliun. Indeks sempat menguat beberapa saat setelah pasar dibuka. Namun hal itu tak lama, dan IHSG terus melorot hingga penutupan sesi I.

Saham-saham yang memberikan turnover positif terbesar bagi pemegang saham adalah MPPA (Rp 3.255), PTPP (Rp 2.490), CPIN (Rp 4.190), SIAP (Rp 171) dan GIAA (Rp 530). Sementara itu, saham-saham yang memberikan turnover negatif terbesar adalah BBRI (Rp 10.600), ASII (Rp 6.475), BMRI (Rp 9.975), INDF (Rp 6.500), dan UNTR (Rp 17.200).

Hampir seluruh sektor melemah pada perdagangan siang hari ini, yaitu agribisnis (-0,2 persen), pertambangan (-0,37 persen), aneka industri (-1,54 persen), konsumer (-0,94 persen), properti (-0,83 persen), infrastruktur (0,27 persen), keuangan (-0,77 persen), perdagangan (-0,93 persen) dan manufaktur (-0,65 persen).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.