Jokowi Sebut "Illegal Fishing" Rugikan Negara Rp 300 Triliun, Ini Respons Susi Pudjiastuti

Kompas.com - 28/10/2014, 13:41 WIB
|
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti merespons cepat pernyataan Presiden Joko Widodo terkait data kerugian akibat pencurian hasil laut perairan Indonesia yang ditaksir mencapai Rp 300 triliun.

"Jumat depan, saya ingin dapat data dulu dari anak buah saya soal itu," ujar Susi di ruang rapat kantor kementeriannya, Jalan Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (28/10/2014) pagi.

Data yang hendak dihimpun dari sang anak buah, lanjut Susi, adalah mengenai jumlah kapal penangkap ikan yang ada di seluruh Indonesia lengkap dengan nama pemiliknya. Apakah kapal itu milik perusahaan atau perseorangan serta status izin operasi kapal-kapal tersebut.

"Dari situ bisa diawasi mana yang bergerak di luar itu. Saya minta semua awasi, kalau kalian lihat ada yang enggak benar, lapor saya," ujar Susi.

Sebelumnya, dalam diskusi publik bertajuk "Roadmap Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia" di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (29/9/2014), Jokowi menyebutkan, kerugian akibat pencurian hasil laut itu membuat Indonesia mengalami kerugian sekitar Rp 300 triliun setiap tahunnya.

Baca juga: Bisnis dan Gaya Eksentrik Susi Pudjiastuti

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.