Rini Minta Saran Jonan Sebelum Tunjuk Edi Sukmoro Jadi Dirut KAI

Kompas.com - 29/10/2014, 11:41 WIB
Dirut PT KAI Edi Sukmoro KOMPAS.com/ Yoga SukmanaDirut PT KAI Edi Sukmoro
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno telah menunjuk Edi Sukmoro menjadi Direktur Utama PT KAI. Namun, rupanya keputusan Rini itu diambil setelah dia meminta saran Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

"Direksi melakukan proper dan ada beberapa nama, saya juga menanyakan kapada Pak Jonan. Akhirnya saya memilih Pak Edi," ujar Rini Soemarno saat jumpa pers di kantornya, Jakarta, Rabu (29/10/2014).

Rini menuturkan, alasan dia meminta pendapat dari Menhub lantaran Jonan adalah mantan Dirut KAI. Menurut Rini, Jonan sudah sangat pengalaman di KAI sehingga dinilai mengetahui persis seluk-beluk pejabat KAI. "Karena dia (Jonan) beberapa tahun di situ. Ada beberapa kandidat dan saya memilih Pak Edi dan disetujui Presiden," kata dia.

Sebelumnya, Kementerian BUMN menunjuk Direktur Pengelolaan Aset Non Produksi KAI Edi Sukmoro sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia. Hal itu berarti, Edi-lah yang menjadi pengganti Ignasius Jonan.

Rini menjelaskan bahwa penunjukan Edi sudah melalui proses seleksi. Apalagi, kata dia, Edi dikenal memiliki kemampuan yang baik dan mengetahui selak-beluk KAI.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X