Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rini Soemarno Belum Punya Calon Dirut Pertamina

Kompas.com - 30/10/2014, 10:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, mengaku belum mempunyai kandidat yang akan menjadi Direktur Utama Pertamina untuk menggantikan Karen Agustiawan. Dalam perebutan kursi perusahaan migas BUMN tersebut, Pertamina harus melakukan rapat internal oleh dewan komisaris.

"Untuk calon Dirut Pertamina masih akan dibahas dalam rapat (internal)," ujar Rini di Kementerian BUMN, Rabu (29/10/2014).

Rini menjelaskan, pengangkatan jabatan dilakukan oleh dewan komisaris selama satu bulan. Deputi Kementerian BUMN akan mengirimkan surat untuk dewan komisaris apakah caranya panjang atau ditunjuk langsung.

"Rapat sampai betul-betul kementerian BUMN bisa mengusulkan nama-nama yang baru," ungkap Rini

Dari data yang dihimpun tribunnews.com, muncul dua nama kandidat kuat untuk jadi Dirut PT Pertamina yakni Ahmad Faisal dan Karyuliano. Faisal merupakan mantan Direktur Niaga Pertamina era Ari Soemarno, kakak dari Rini Soemarno. Sedangkan Hari Karyuliano saat merupakan Direktur Gas Pertamina.

Sumber tribun menyebutkan Achmad Faisal diketahui banyak memberikan fasilitas dan konsesi terkait proyek konversi konsumsi minyak tanah ke gas elpiji tabung 3 Kg era kepemimpinan SBY-JK. Proyek tersebut diluncurkan mantan Wapres JK pada 2007-2009. Publik banyak mengetahui, proyek in‎i banyak dipegang oleh lingkaran Jusuf Kalla. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com