Kartu Indonesia Sehat untuk Kompensasi Kenaikan Harga BBM Bersubsidi

Kompas.com - 31/10/2014, 13:23 WIB
Konferensi pers mengenai Kartu Indonesia Sehat, Jumat (31/10/2014) Konferensi pers mengenai Kartu Indonesia Sehat, Jumat (31/10/2014)
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia akan segera membagikan Kartu Indonesia Sehat pada 3 November 2014. Selain terkait program yang dijanjikan Jokowi-JK saat Pilpres lalu, kartu itu juga dipersiapkan sebelum kenaikan bahan bakar minyak (BBM) diumumkan.

"Ada rencana pada tahun ini untuk menaikkan harga BBM subsidi dan kartu ini dapat dinikmati masyarakat sebelum kenaikan harga BBM subsidi yang dilakukan," ujar Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani setelah rapat terbatas terkait KIS dan KIP di kantornya, Jakarta, Jumat (31/10/2014).

Puan mengatakan, nantinya KIS akan diluncurkan langsung oleh Presiden Jokowi dan akan disalurkan melalui kantor pos di lima titik di Jakarta pada 3 November 2014. Pada tahap pertama sampai akhir 2014 itu, KIS akan dibagikan ke 19 provinsi. Sedangkan provinsi lainnya akan disalurkan pada tahap selanjutnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil menyiratkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi tidak jadi dilakukan pada 1 November 2014. Namun, dia memastikan harga BBM bersubsidi naik sebelum Januari 2015.

“Enggak ada kenaikan BBM (pada 1 November). Yang ada adalah pengenalan Kartu Pintar, Kartu Sehat, dan lain-lain,” kata Sofyan saat ditanya wartawan soal yang dibahas dalam rapat terbatas, ketika ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Rabu (29/10/2014).

Sofyan melakukan rapat terbatas dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Rabu petang, bersama jajaran menteri membahas persiapan penyaluran Kartu Sehat dan Kartu Pintar. “Tadi Bu Menko (Puan) mengatakan awal bulan November (launching),” ujar dia.

Menurut Sofyan, akan ada uji coba sistem Kartu Pintar dan Kartu Sehat yang berbasis uang elektronik tersebut, dengan satu juta kartu terlebih dahulu.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X