Mendesak, Pengalihan Subsidi Dilakukan Sebelum Akhir Tahun

Kompas.com - 31/10/2014, 16:57 WIB
Ilustrasi: Pengendara motor melewati SPBU yang memasang tanda berisikan 'BBM bersubsidi habis' di Jakarta beberapa waktu lalu AFP PHOTO / BAY ISMOYOIlustrasi: Pengendara motor melewati SPBU yang memasang tanda berisikan 'BBM bersubsidi habis' di Jakarta beberapa waktu lalu
Penulis Tabita Diela
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil enggan banyak bicara mengenai pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM). Namun, pengalihan yang akan berimbas pada kenaikan harga BBM bersubsidi tersebut akan dilakukan sebelum akhir tahun.

"Kita tidak bicara kenaikan. Tapi Pak Menkeu katakan akan terjadi pengalihan subsidi, yang selama ini tidak capai sasaran ke sektor yang produktif. Akan dilakukan paling lambat sebelum akhir tahun. Tapi ini masalah subsidi, semua orang sudah sangat aware dan concern," ujarnya di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Jumat (31/10/2014).

Sofyan mengungkapkan bahwa hingga kini waktu pengalihannya memang belum dibicarakan. Hanya saja, dia sudah yakin bahwa jika subsidi tersebut dialihkan, maka dana yang semula habis untuk subsidi akan menjadi lebih produktif.

"Ini kan kita belum bicara kapan dialihkan. Kalau dialihkan banyak sekali (jumlahnya), tentu untuk produktif. Maka akan menciptakan pertumbuhan ekonomi lebih baik dan tenaga kerja yang banyak," imbuhnya.

Seusai konferensi pers, Sofyan kembali menegaskan bahwa pengalihan subsidi akan diinformasikan kembali dan tidak akan dilakukan secara diam-diam. "Akan diinformasikan, dan sebelum akhir tahun," pungkasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X