Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudirman: Jokowi Naikkan Harga BBM demi Kesejahteraan Rakyat

Kompas.com - 01/11/2014, 16:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah punya rencana untuk menaikkan harga BBM bersubsidi. Menurut Sudirman, alasan Jokowi ingin menaikkan harga BBM dengan tujuan kesejahteraan rakyat.

"Beliau (Jokowi) yakin ini penting buat rakyat," ujar Sudirman di dalam diskusi "Mimpikah Kedaulatan Energi?", Sabtu (1/11/2014).

Sudirman menilai sikap Presiden Jokowi sangat mulia. Pasalnya tidak sembarang pemimpin mampu dan mau menaikkan harga BBM bersubsidi.

"Perlu disadari oleh kita, kita ini sudah sering menghindari pekerjaan yang sulit tapi penting untuk rakyat," ungkap Sudirman.

Sudirman menjelaskan, saat ini tangki cadangan minyak dalam negeri sudah menipis. Jika harga BBM tidak dinaikkan, maka masyarakat akan terus mengonsumsi dengan harga murah tanpa memiliki cadangan baru.

"Tangki-tangki penyimpanan kita hanya mampu menyimpan cadangan 18 hari dan itupun turun terus. Kalau begitu, gimana caranya kita mau berdaulat dalam energi," papar Sudirman. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com