Banyak Orang Asing Jadi Pekerja di Kapal, Ini Komentar Susi

Kompas.com - 03/11/2014, 17:16 WIB
Ilustrasi kapal laut Kompas.com/Darwiaty H Ambo DalleIlustrasi kapal laut
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti mengakui banyaknya pekerja kapal di Indonesia merupakan pekerja asing. Namun, dia menolak jika ada yang mengatakan bahwa dominasi pekerja asing itu karena nelayan atau pekerja Indonesia malas.

"Orang Indonesia malas? Saya rasa tidak. Saya tidak yakin orang Indonesia malas," ujar Susi saat menggelar jumpa pers terkait moratorium illegal fishing di kantornya, Jakarta, Senin (3/11/2014).

Dia menuturkan, daya saing pekerja kapal asing dan Indonesia bukanlah karena faktor orang asing yang lebih rajin daripada orang Indonesia, melainkan karena kurangnya pelatihan ataupun pendidikan kepada para pekerja kapal Indonesia.

Sementara itu, terkait upah murah pekerja kapal, Susi mengatakan perlu adanya pembicaraan dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Pasalnya, kata dia, upah pekerja kapal di Indonesia masih terbilang kecil jika dibandingkan pekerja kapal asing.

"Upah murah di perkapalan kita harus bicara dengan Menteri Ketenagakerjaan soal upah minimum," kata Susia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X