Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Targetkan Pertumbuhan Ekonomi Tahun Depan Capai 5,8 Persen

Kompas.com - 04/11/2014, 15:54 WIB
Dani Prabowo

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah meningkatkan target pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2015 mendatang. Jika pada tahun ini pertumbuhan ekonomi diprediksi akan mencapai 5,5 persen, maka tahun depan, pertumbuhan ekonomi ditargetkan 5,8 persen.

"Ini tidak bisa otomatis, perlu ada usaha untuk dapar mencapai hal itu," kata Menteri Keuangan Bambang Brojonegoro saat Rapat Koordinasi Nasional Kabinet Kerja di Kementerian Dalam Negeri, Selasa (4/11/2014).

Bambang menuturkan, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yakni dengan menekan laju pertumbuhan inflasi. Ia mengibaratkan inflasi sebagai musuh yang tak terlihat namun dampaknya sangat besar dirasakan bagi kehidupan masyarakat.

Bambang mengatakan, pada tahun ini tingkat inflasi berada di angka 5,3 persen (year on year-yoy). Pada tahun 2015 mendatang, ia menargetkan laju inflasi hanya berada di angka 4,4 persen (yoy) saja.

"Ini akan sangat baik kalau inflasi ditekan di bawah lima persen. Tugas kita adalah untuk mengkoordinasi ekonomi untuk menjaga angka inflasi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com