Rini Soemarno Instruksikan Pejabat BUMN Gunakan Pesawat Kelas Ekonomi

Kompas.com - 06/11/2014, 08:20 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini M Soemarno diperkenalkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (26/10/2014). TRIBUN NEWS / DANY PERMANA TRIBUN NEWS / DANY PERMANAMenteri Badan Usaha Milik Negara Rini M Soemarno diperkenalkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (26/10/2014). TRIBUN NEWS / DANY PERMANA
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri BUMN Rini M Soemarno menginstruksikan semua direksi dan pejabat perusahaan milik negara menggunakan penerbangan kelas ekonomi saat melakukan perjalanan dinas.

"Harus menggunakan kelas ekonomi. Surat instruksi segera saya kirimkan kepada semua pejabat BUMN, tidak terkecuali," kata Rini di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (5/11/2014) malam.

Hal itu, sebut Rini, merupakan upaya efisiensi anggaran perusahaan dari pos perjalanan luar kota. "Harus diterapkan agar tidak terjadi pemborosan. Yang dari pusat ke daerah juga sebaliknya gunakan kelas ekonomi," ujarnya.

Penggunaan penerbangan kelas ekonomi, kata dia, sudah dilakukannya ketika berkunjung ke Medan, Sumatera Utara, Selasa (4/11/2014), untuk meninjau PT Inalum (Persero) terkait kekurangan pasokan listrik di wilayah itu.

"Naik kelas ekonomi sama saja rasanya. Sampainya juga sama," kata Rini.

Ketika menumpang pesawat ekonomi, Rini mengaku sempat mengganggu salah seorang dirut BUMN yang ikut bersamanya ke Medan. "Sekarang kita naik ekonomi, ya," katanya.

"Yang paling lucu, ya, Dirut Garuda (Emirsyah Satar). Ia sempat bertanya kepada saya juga, 'Ibu Rini... nanti penumpang ekonomi semua dong? Ya, nanti business class Garuda bisa kosong dong?' Saya jawab iya. Segera ada suratnya," ujar Rini tersenyum.

Menurut catatan, jumlah BUMN saat ini berkisar 138 perusahaan. Jika dihitung rata-rata satu perusahaan terdapat 30 orang yang masuk kategori pejabat, jumlahnya berkisar 4.000 orang.

Baca juga: Ditanya Apakah Kakaknya Kandidat Dirut Pertamina, Ini Jawaban Rini Soemarno

Baca tentang


Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X