Jokowi Targetkan Produksi Kakao Indonesia Bisa Nomor Satu di Dunia

Kompas.com - 06/11/2014, 15:01 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

MAMUJU, KOMPAS.com- Presiden Joko Widodo melihat potensi Indonesia sebagai penghasil kakao sangat besar saat berkunjung ke Desa Saletto, Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (6/11/2014) siang. Jokowi bahkan menilai Indonesia bisa mengalahkan Ghana dan Pantai Gading.

"Ada ruang untuk berkembang lebih besar lagi agar Indonesia sekarang tidak pada nomor tiga tapi nomor 1. Dalam 3 tahun, kita bisa produksi kakao nomor 1 di dunia mengalahkan Pantai Gading dan Ghana. Targetnya itu," ujar Jokowi saat berdialog dengan petani kakao.

Jokowi mengungkapkan pemerintah pusat bertanggung jawab menggenjot produksi dari sektor kakao ini. Pasalnya, anggaran untuk peremajaan perkebunan kakao mencapai Rp 1,2 triliun.

"Kami targetkan dalam 3-4 tahun ini target bisa dikejar. Semua akan dilakukan secepat-cepatnya mulai tahun ini," ungkap dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyatakan, mulai tahun depan anggaran pertanian akan diarahkan ke kakao. Oleh karena itu, dia meminta agar para petani kakao bisa bekerja keras.

"Petani harus kerja keras, memelihara dan membeli pupuk itu tugas petani. Kami ingin mendorong agar industri cokelat di Sulawesi Barat ini bisa maju," imbuh dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.