Pertamina Rancang Konsep agar 6 Tahun Lagi RI Tak Impor Minyak

Kompas.com - 09/11/2014, 16:22 WIB
Kompas.com Pertamina

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) akan memberikan konsep pengembangan sektor minyak dan gas beserta program apa saja yang harus dilakukan pemerintah dalam 100 hari sampai 5 tahun ke depan.

Rencananya, konsep itu akan langsung diserahkan ke Presiden Jokowi dalam waktu dekat. "Ini konsep yang penting. Program 100 yang harus dilakukan ada disini, per tahun juga ada," kata Pelaksana Tugas Direktur Utama Pertamina Muhamad Husen saat berbincang bersama wartawan di Kawasan Blok M, Jakarta, Minggu (9/11/2014).

Husen menjelaskan, konsep pengembangan sektor migas dari Pertamina itu meliputi berbagai program di antaranya ekplorasi sumur-sumur minyak tua dan pengeboran sumur minyak baru. Dia mengatakan dengan melakukan konsep pengembangan itu, produksi minyak nasional diharapkan bakal naik drastis.

Konsep itu, kata dia, tidak dibuat dalam waktu yang sebentar. Butuh dua tahun lebih untuk membuat konsep beserta program yang sudah siap disodorkan ke pemerintah. "Dulu kurang dapat perhatian dari pemerintah, sekarang kami datang lagi serahkan ini," kata Husen.

Pelaksanaan konsep pengembangan sektor migas menurut dia harus segera dilaksanakan. Pasalnya, kebutuhan BBM nasional saat ini terus menerus ditopang oleh impor. Dia pun menyakini, Indonesia mampu swasembada energi pada 5-6 tahun ke depan dengan tidak lagi mengimpor BBM.



EditorBambang Priyo Jatmiko

Close Ads X