Mengapa Edukasi Literasi Keuangan Penting bagi Perempuan?

Kompas.com - 11/11/2014, 20:22 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Commonwealth Bank Indonesia memperkenalkan gerakan Women Investment Series (WISE) di Jakarta, Selasa (11/11/2014). Gerakan tersebut merupakan serangkaian kegiatan edukasi yang bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan perempuan Indonesia.

Data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2013 menunjukkan 51 persen keuangan keluarga Indonesia ditentukan oleh perempuan. Selain itu, 33 persen usaha kecil di Indonesia pun dimiliki oleh perempuan.

Hanya saja, meski data menunjukkan bahwa perempuan Indonesia sudah akrab dengan kegiatan mengatur keuangan, sumber yang sama juga menyatakan bahwa pemahaman keuangan perempuan masih rendah.

OJK menyatakan bahwa tingkat pemahaman keuangan perempuan Indonesia masih berada di angka 18,84 persen. Sementara, tingkat literasi kaum pria lebih tinggi, yaitu mencapai 24,87 persen.

Executive Vice President, Head of Wealth Management and Business Strategy Commonwealth Bank, Rian Eriana Kaslan, menengarai adanya kemungkinan bahwa lebih rendahnya tingkat literasi perempuan Indonesia terjadi karena edukasi lebih banyak ditujukan bagi kaum pria.

Perempuan, tutur Rian, membutuhkan pendekatan yang berbeda. Inilah salah satu latar belakang diperlukannya edukasi keuangan khusus bagi perempuan.

"Pengetahuan (mengenai keuangan) banyak yang ditujukan bagi lelaki. Sengaja atau tidak, kita tidak tahu. Perempuan membutuhkan cara komunikasi berbeda," ujar Rian.

Anggota Dewan Komisioner OJK bidang Edukasi dan Perlindungan konsumen, Kusumaningtuti Sandriharmy Soetiono mengungkapkan bahwa gerakan edukasi bagi perempuan membutuhkan metode yang tepat. Tanpa metode tersebut, kaum perempuan cenderung enggan mempelajarinya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X