Melorotnya Harga Minyak Dunia Tak Kurangi Minat Investor Masuk ke RI

Kompas.com - 13/11/2014, 21:17 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

DENPASAR, KOMPAS.com - Melorotnya harga minyak dunia diyakini oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), tak akan menurunkan minat investor untuk membenamkan modal di sektor ekstraksi ini.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala SKK Migas, Johanes Widjonarko menuturkan, menarik tidaknya investasi di sektor migas tidak hanya dipengaruhi oleh harga minyak dunia. Potensi geologis suatu wilayah dan juga biaya operasi juga menjadi faktor penentu.

"Kalau kita lihat memang ada patokan cost per barel, tapi kalau kita lihat secara umum, industri kita itu menyusun biaya operasi maksimal 30 persen dari gross revenue," kata dia kepada wartawan, Kamis (13/11/2014).

Widjonarko menuturkan, tiap-tiap pemain di sektor migas memiliki kriteria sendiri, apakah investasinya cukup ekonomis, dan mampu menutup resiko.

Dengan perhitungan biaya produksi hanya 30 persen dari penerimaan kotor, Widjonarko menegaskan, berinvestasi di sektor migas di Indonesia masih terbilang sangat ekonomis. "Harga minyak turun itu kan hanya mengurangi keuntungan mereka," pungkas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.