Kompas.com - 15/11/2014, 08:17 WIB
Kereta api barang yang dioperasikan KALOG dok. KALOGKereta api barang yang dioperasikan KALOG
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Logistik (KALOG), salah satu anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia, melakukan langkah ekspansif dengan menambah rangkaian Kereta Api (KA) Kontainer untuk meningkatkan kapasitas angkut hingga 360 TEUs/hari.

KA kontainer yang berkapasitas 60 TEUs ini direncanakan akan beroperasi mulai hari ini, Sabtu (15/11/2014). Pada tiga bulan pertama, rangkaian tersebut diberangkatkan dua hari sekali, dan akan ditingkatkan menjadi perjalanan setiap hari dengan relasi Jakarta Gudang (Jakarta)–Benteng (Surabaya).

“Penambahan rangkaian KA Kontainer ini merupakan salah satu strategi perusahaan dalam menyediakan kapasitas angkut yang lebih besar, sehingga mampu mendorong pertumbuhan bisnis KA Kontainer," ujar Direktur Operasi dan Pemasaran KALOG, Subakir dalam siaran pers, Jumat (14/11/2014).

Subakir menuturkan, angkutan berbasis kereta api saat ini semakin menarik minat pelanggan, terlebih dengan semakin terbatasnya kapasitas jalan raya. Dengan demikian, pelanggan dapat mengelola disribusi barang dengan mudah karena rata-rata waktu tempuh hanya 16–18 jam.

Sebelumnya pada September 2014 lalu, KALOG juga telah melakukan langkah strategis dengan meningkatkan kapasitas angkut 2 (dua) rangkaian KA menjadi 30 GD/60 TEUs (semula 20 GD/40 TEUs).

Peningkatan kapasitas 2 (dua) rangkaian kereta tersebut, berdampak positif pada pengurangan jumlah rangkaian KA Kontainer yang semula 4 rangkaian KA menjadi 3 rangkaian KA, dengan 2 rangkaian beroperasi setiap hari dan satu rangkaian beroperasi dua hari sekali.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X