Pemerintah Mulai Bahas Pembentukan Badan Ekonomi Kreatif

Kompas.com - 20/11/2014, 17:48 WIB
Mahendra Siregar Kompas.com/Kurnia Sari AzizaMahendra Siregar
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Mahendra Siregar dan Mantan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Kamis (20/11/2014) siang, menyambangi kantor Menko Perekonomian Sofyan Djalil.

Keduanya membahas pembentukan Badan Ekonomi Kreatif. “Mengonsep untuk membangun atau mendirikan Badan Ekonomi Kreatif. Intinya bahwa komitmen Presiden untuk memajukan ekonomi kreatif di Indonesia harus cepat diwujudkan,” ujar Mahendra kepada wartawan.

Mahendra menuturkan, pendirian Badan Ekonomi Kreatif ini harus mempertimbangkan koordinasi yang baik dengan institusi lain, baik dalam hal kebijakan, kegiatan, maupun pembiayaan. “Ini elemen yang dilihat,” lanjut Mahendra.

Diharapkan, Badan Ekonomi Kreatif nantinya bisa memberdayakan ekonomi kreatif di Indonesia, sehingga dapat lebih komersial. Namun jauh sebelum itu, Kemenparekraf sudah membentuk ekosistem awal dan komunitas yang cukup kuat. “Sekarang tinggal aspek operasional dan penguatan nilai tambah, komesialnya,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, visi dan misi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam bidang ekonomi kreatif nantinya akan diurusi oleh badan baru. Badan yang satu level di bawah kementerian itu akan dinamakan Badan Ekonomi Kreatif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X