Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Mulai Bahas Pembentukan Badan Ekonomi Kreatif

Kompas.com - 20/11/2014, 17:48 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Mahendra Siregar dan Mantan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Kamis (20/11/2014) siang, menyambangi kantor Menko Perekonomian Sofyan Djalil.

Keduanya membahas pembentukan Badan Ekonomi Kreatif. “Mengonsep untuk membangun atau mendirikan Badan Ekonomi Kreatif. Intinya bahwa komitmen Presiden untuk memajukan ekonomi kreatif di Indonesia harus cepat diwujudkan,” ujar Mahendra kepada wartawan.

Mahendra menuturkan, pendirian Badan Ekonomi Kreatif ini harus mempertimbangkan koordinasi yang baik dengan institusi lain, baik dalam hal kebijakan, kegiatan, maupun pembiayaan. “Ini elemen yang dilihat,” lanjut Mahendra.

Diharapkan, Badan Ekonomi Kreatif nantinya bisa memberdayakan ekonomi kreatif di Indonesia, sehingga dapat lebih komersial. Namun jauh sebelum itu, Kemenparekraf sudah membentuk ekosistem awal dan komunitas yang cukup kuat. “Sekarang tinggal aspek operasional dan penguatan nilai tambah, komesialnya,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, visi dan misi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam bidang ekonomi kreatif nantinya akan diurusi oleh badan baru. Badan yang satu level di bawah kementerian itu akan dinamakan Badan Ekonomi Kreatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com