Krakatau Steel Diminta Berperan Kurangi Ketergantungan Komponen Impor

Kompas.com - 24/11/2014, 20:10 WIB
Ilustrasi: industri otomotif AFP PHOTO / BAY ISMOYOIlustrasi: industri otomotif
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) meminta Kementerian Perindustrian mendukung PT Krakatau Steel menyediakan bahan baku untuk industri otomotif. Pasalnya, saat ini, Indonesia memiliki ketergantungan bahan baku komponen otomotif dari negara lain.

"Kami sampaikan kami mohon dukungannya saat ini industri otomotif ini komponennya hampir 95 persen bahan bakunya impor," ujar Ketua Gaikindo Sudirman MR di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (22/11/2014).

Dia menjelaskan, dengan dukungan kepada industri baja nasional, maka diharapkan produksi baja akan meningkat dan mampu mencukupi kebutuhan nasional.

Lebih lanjut, kata Sudirman, jika kebutuhan baja nasional mampu dipenuhi, maka dia yakin ketergantungan Indonesia terhadap barang baku komponen otomotif akan berkurang. Selain itu, pengembangan industri baja nasional juga akan sangat bermanfaat bagi industri otomotif nasional. Pasalnya menurut Sudirman, industri otomotif tidak akan pusing dengan fluktuasi harga baja internasional.

"Kami mendukung sekali bahwa lokalisasi Krakatau Steel itu, jadi kami sangat mendukung sekali kalau itu bisa terealisasi jadi ketergantungan kepada bahan baku luar negeri akan berkurang," kata Sudirman.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.