Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krakatau Steel Diminta Berperan Kurangi Ketergantungan Komponen Impor

Kompas.com - 24/11/2014, 20:10 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) meminta Kementerian Perindustrian mendukung PT Krakatau Steel menyediakan bahan baku untuk industri otomotif. Pasalnya, saat ini, Indonesia memiliki ketergantungan bahan baku komponen otomotif dari negara lain.

"Kami sampaikan kami mohon dukungannya saat ini industri otomotif ini komponennya hampir 95 persen bahan bakunya impor," ujar Ketua Gaikindo Sudirman MR di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (22/11/2014).

Dia menjelaskan, dengan dukungan kepada industri baja nasional, maka diharapkan produksi baja akan meningkat dan mampu mencukupi kebutuhan nasional.

Lebih lanjut, kata Sudirman, jika kebutuhan baja nasional mampu dipenuhi, maka dia yakin ketergantungan Indonesia terhadap barang baku komponen otomotif akan berkurang. Selain itu, pengembangan industri baja nasional juga akan sangat bermanfaat bagi industri otomotif nasional. Pasalnya menurut Sudirman, industri otomotif tidak akan pusing dengan fluktuasi harga baja internasional.

"Kami mendukung sekali bahwa lokalisasi Krakatau Steel itu, jadi kami sangat mendukung sekali kalau itu bisa terealisasi jadi ketergantungan kepada bahan baku luar negeri akan berkurang," kata Sudirman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com