Pengadilan Hukum Asuransi Harta Aman Pratama Rp 547 Juta

Kompas.com - 25/11/2014, 12:51 WIB
Palu pengadilan. Palu pengadilan.
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Majelis hakim Pengadilan Niaga (PN) Jakarta Pusat menghukum PT Asuransi Harta Aman Pratama Tbk (AHAP) membayar Rp 547,2 juta kepada nasabahnya, yakni PT Cahaya Harapan Indonesia Sejahtera (CHIS).

Majelis Hakim menilai, AHAP wanprestasi terhadap CHIS. Putusan itu telah dibacakan pada 8 Oktober 2014, yang salinan putusannya diperoleh kuasa hukum CHIS, Senin (24/11/2014).

CHIS adalah perusahaan penyedia dan pengelolaan rumah pendidikan di Bali.  CHIS menggugat AHAP karena dinilai telah wanprestasi atau ingkar janji yang menyebabkan CHIS merugi Rp 2,9 miliar. Sengketa bermula ketika CHIS pada tahun 2006 mengasuransikan gedung sekolah miliknya seluas 3,372 meter persegi (m2) kepada AHAP.

Kuasa hukum CHIS Edward L. Likadja bilang, Ketua Majelis Hakim PN Jakarta Pusat, Iim Nurohim memutuskan, nilai kerugian akibat gempa bumi Rp 1,41 miliar, dikurangi biaya mengatasi lendutan atau lekukan akibat gempa Rp 706,5 juta. Lalu, dikurangi risiko sendiri sebesar Rp 162,5 juta. Jadi, total yang harus dibayar AHAP kepada CHIS sebesar Rp  547,2 juta.

Menurut Iim, kerugian tersebut adalah tanggung jawab AHAP kepada CHIS. "Mengabulkan gugatan penggugat untuk sebagian," ujar Ketua majelis hakim Iim, dalam berkas salinan putusannya.

Kuasa hukum AHAP Jamaluddin Lamanda menilai,  vonis sebesar Rp 547 juta tidak jelas perhitungannya. "Kami akan mengajukan banding atas putusan itu setelah nanti memperoleh berkas putusannya," kata Jamaluddin. (Noverius Laoli)



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X