Kompas.com - 03/12/2014, 16:16 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Rupiah berada di level terlemah selama 6 tahun terakhir terhadap dollar Amerika Serikat (AS). Pasangan USD/IDR mulai menginjak di 12.300.

Rupiah di pasar spot pukul 13:32 WIB sempat melorot hingga Rp 12.323 per dollar AS. Namun pada penutupan, mata uang Garuda berhasil beringsut ke posisi 12.301, atau melemah 0,24 persen dibanding penutupan kemarin pada 12.271.

Mengutip Bloomberg, rupiah pernah berada di Rp 12.375 per dollar AS pada 2 Desember 2008 silam.

Sementara itu, Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) hari ini berada di Rp 12.295 per dollar AS. Menurut kurs tengah yang dipublikasikan Bank Indonesia ini  melemah 0,15 persen dibanding kemarin di 12.276.

Irene Cheung, analis strategi valuta asing di ANZ Ltd di Singapura menilai, pelemahan rupiah beriringan dengan pergerakan kurs di kawasan yang tergilas penguatan dollar AS. "Di Indonesia, pasar juga menunggu kelanjutan revisi harga minyak mentah subsidi," kata dia pada Bloomberg.

Bloomberg Dollar Spot Index, yang menyusuri pergerakan dollar AS terhadap 10 mata uang utama menunjukkan, greenback berada di level terkuat sejak Maret 2009 terhadap kurs utama dunia tersebut. (Sanny Cicilia)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.