Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2014, 15:56 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Banyak pengusaha yang sukses, tetapi tak sedikit pula yang gagal. Pertanyaan yang selalu muncul adalah mengapa ada pengusaha yang sukses, mengapa pula ada yang gagal?

"Ayah saya (Sukanto Tanoto) mengajarkan tiga faktor yang menentukan entrepreneur itu sukses atau gagal," ucap Anderson Tanoto, Board of Trustees Tanoto Foundation, Jumat (5/12/2014).

Pertama, pengusaha yang sukses adalah yang memiliki kegigihan. Anderson mengatakan, bisnis yang besar tidak pernah lepas dari ombak. "Entrepreneur dituntut memiliki semangat pantang menyerah," kata dia.

Kedua, pengusaha yang sukses adalah yang bisa menciptakan perbedaan. Inilah esensi dari apa yang disebut inovasi. "Uniqueness, kunci sukses entrepreneur," imbuh dia.

Ketiga, pengusaha yang sukses adalah yang memiliki semangat belajar. Anderson menjelaskan, pengusaha yang sukses selalu belajar dari kegagalan dan pengalaman orang lain. "Melakukan perbaikan dari kesalahan kita agar tidak terulang," sebut dia lagi.

Anderson menyebutkan, negara Indonesia masih membutuhkan setidaknya 1,2 juta entrepreneur dalam 10 tahun ke depan.

Sebagai informasi, Sukanto Tanoto merupakan salah satu konglomerat Indonesia dengan Grup Royal Golden Eagle International. Tanoto berada di urutan 10 dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia yang dirilis Forbes, Rabu (3/12/2014) lalu. (Baca: Ini Daftar Orang Terkaya di Indonesia)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com