Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri ESDM: Akan Tiba Masanya Para Mafia Migas Akan Tersandung

Kompas.com - 05/12/2014, 22:21 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral Sudirman Said mengakui, menangkap mafia migas bukanlah hal yang mudah. Namun dia yakin, suatu saat para mafia yang menggerogoti negara itu akan tersandung.

"Saya punya kepercayaan bahwa di negara modern yang makin terbuka ini, tidak ada yang bisa melakukan kejahatan dalam waktu lama. Akan tiba masanya orang-orang seperti itu (Mafia) tersandung," ujar Sudirman saat berbincang di Kompas, Jakarta, Kamis malam (4/12/2014).

Dia mengatakan, sulitnya menangkap orang-orang yang bermain dalam proses impor minyak lantaran harus terlebih dulu memiliki bukti yang sangat kuat. Meskipun demikina, kata Sudirman, praktik mafia migas bisa diketahui dari prilaku yang "mengakali" tata kelola sistem migas nasional.

Oleh karena itu, dia menegaskan bahwa hal yang penting saat ini adalah membangun sistem supaya tidak memberikan ruang kepada para mafia tersebut.

"Makanya saya harus menjaga emosi saya mengejar orang-orang itu. Lebih baik kita bangun sistemnya," kata Sudirman.

baca juga: Ini Komentar Menteri ESDM dan Menteri BUMN soal "Mafia Soemarno"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com