Ketimpangan Ekonomi Kian Lebar, JK Peringatkan soal "Arab Spring"

Kompas.com - 08/12/2014, 15:18 WIB
Ilustrasi Kemiskinan di pinggiran Kota Jakarta KOMPAS/AGUS SUSANTOIlustrasi Kemiskinan di pinggiran Kota Jakarta
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengingatkan bahwa di tengah perkembangan ekonomi Indonesia, ketimpangan ekonomi malah semakin melebar.

Dia pun teringat dengan meledaknya revolusi di kawasan Arab (Arab Spring) yang salah satunya disebabkan karena ketimpangan ekonomi yang kian melebar.

"Bangsa ini sudah di penghujung, Rasio Gini 0,4 persen. Arab spring meledaknya (saat Rasio Gini) 0,5 persen (dari PDB)," ujar JK dalam sambutannya di acara Rapat Pimpinan Kadin, Jakarta, Senin (8/12/2014).

Menurut JK, bangsa Indonesia tidak boleh bangga dengan kemewahan hotel-hotel dan banyaknya gedung pencakar langit. Pasalnya di balik kemewahan itu masih terdapat masyarakat yang hidup dalam garis kemiskinan.

"Jangan bangga dengan hotel yang baik ini, tapi juga perhatikan petani, support kepada Usaha Kecil Menengah (UKM)," kata dia. Oleh karena itulah, JK mengajak para pengusaha ikut berkontribusi membangun negeri ini agar ketimpangan ekonomi semakin mengecil.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X