Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Gula RNI Catat Rendemen Tertinggi Nasional

Kompas.com - 09/12/2014, 14:03 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrik Gula (PG) Krebet Baru II Malang yang dikelola PT PG Rajawali I anak perusahaan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) berhasil meraih prestasi perolehan rendemen tertinggi nasional 2014.

Direktur Utama RNI Ismed Hasan Putro mengatakan, kandungan rendemen rata-rata PG Krebet Baru II Malang mencapai 8,72 persen mengungguli pabrik gula swasta dan milik BUMN lainnya. Pada tahun ini PG Krebet Baru II telah tiga tahun berturu-turut mempertahankan prestasi rendemen tertinggi diantara 52 Pabrik Gula BUMN.

"Tahun ini lebih spesial karena bukan hanya meraih prestasi sebagai pabrik gula dengan kandungan rendemen tertinggi diantara BUMN tapi juga PG dengan rendemen tertinggi se-nasional. Artinya  PG Krebet Baru II mengalahkan PG lain milik swasta," ujar Ismed dalam keterangan resminya, Selasa (9/12/2014).

Ismed mengatakan, pencapaian ini merupakan hasil dari transformasi bisnis di PG Krebet Baru Malang, di antaranya adalah penerapan sistem pengadaan melalui e-procurement sehingga lebih efisien dan transparan.

Selain itu, Ismed menilai, melalui transformasi para pegawai diajak hijrah dari nilai-nilai lama yang kurang baik kepada nilai baru yang lebih baik. Nilai lama yang aktif dihilangkan di antaranya praktek mark up dan suap.

Ia menilai, hilangnya suap dan mark up di lapangan, berdampak pada manajemen dan cara pengelolaan tebu di kebun. Para petani tebu menjadi lebih nyaman bermitra dengan RNI, mereka merasa aman tanpa khawatir manipulasi dan pungli. Dengan begitu mereka dapat lebih total dan profesional merawat tebunya.

Ismed menyatakan, untuk mencapai rendemen sebesar 8,72 persen tidaklah mudah. Langkah-langkah yang PG Krebet Baru lakukan utamanya adalah selektif dalam memilih umur tebu, minimal 11 sampai 12 bulan masa tanam sesuai varietas.

Selain itu, dalam proses tebang awal tidak sembarang memilih tebu tebangan, perlu ada selektifitas dilihat dari usia dan varietasnya. Interval tebu dari kebun sampai dengan digiling tidak boleh lebih dari 36 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com