Nilai Tukar Rupiah Terlalu Murah, BI Berharap Pemerintah Genjot Ekspor

Kompas.com - 18/12/2014, 02:27 WIB
Gedung Bank Indonesia KOMPAS/WISNU WIDIANTOROGedung Bank Indonesia
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah saat ini dinyatakan berada di bawah tingkat harga keseimbangan pasarnya, alias terlalu murah atau undervalued. Namun, masyarakat diminta tak panik. Peningkatan ekspor dan penurunan impor diharapkan terjadi, untuk memperbaiki nilai tukar ini.

“Kalau (rupiah) undervalued, kita bisa mendorong ekspor dan menurunkan impor,” kata Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara, Rabu (17/12/2014). Pada penutupan perdagangan Rabu, nilai tukar rupiah berdasarkan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) yang dirujuk juga sebagai kurs tengah BI adalah Rp 12.720 per dollar AS.

Pada awal pekan ini, Senin (15/12/2014), rupiah ditutup dengan kurs Rp 12.599 per dollar AS. Sehari sesudahnya, rupiah anjlok ke nilai tukar Rp 12.900 per dollar AS. Menurut Mirza, sejak rupiah tergelincir dari level Rp 12.300 per dollar AS, BI sudah melakukan intervensi ke pasar valas dan membeli surat berharga negara (SBN) dari pasar sekunder.

Menurut Mirza, kurs rupiah pada level Rp 12.720 per dollar AS ini sekalipun sudah menguat dari sehari sebelumnya, masih di bawah level ideal saat ini pada level Rp 11.900 dampai Rp 12.300 per dollar AS. Dia menyebutkan kurs pada Rabu hanya berada pada level 96,1 persen real exchange rate (RER).

“Sampai saat ini kami melakukan intervensi, meski tidak sebanyak kemarin. Pokoknya kami akan melakukan peran untuk menstabilisasi nilai tukar rupiah,” imbuh Mirza. Dia berkeyakinan, depresiasi rupiah hanya bersifat sementara. (Baca juga: BI: Pelemahan Rupiah Tak Lama, asal...)

Di sisi lain, Bank Indonesia berharap pemerintah terus menjaga fundamental ekonomi. Defisit neraca transaksi berjalan sebisa mungkin dipersempit, lanjut dia, dengan tetap menggenjot ekspor dan menambah devisa dengan mendatangkan sebanyak-banyaknya turis asing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X