Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes Rusia Optimistis Guncangan Ekonomi Hanya Sementara

Kompas.com - 22/12/2014, 11:12 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Guluzin menyadari negaranya tengah dilanda guncangan ekonomi. Namun menurut dia, guncangan ekonomi merupakan hal yang wajar bagi setiap negara.

“Tapi kami percaya diri, bahwa guncangan ekonomi itu hanya sementara karena Rusia punya potensi ekonomi yang kuat,” ucap Guluzin kepada wartawan di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (22/12/2014).

Dia mengatakan, Rusia mempunyai sumber daya alam, industri, sains potensial, serta sumber daya manusia yang berkualitas. Guluzin sesumbar banyak negara masih sangat tergantung pada minyak dan gas produksi Rusia.

“Minyak dan gas sangat berperan dalam menstabilkan ekonomi Rusia tapi kita juga memiliki peran besar dalam ekonomi dunia, seperti dalam bidang ruang angkasa,” imbuh Guluzin.

Dia juga sesumbar bahwa hanya Rusia negara yang mempunyai pilot pesawat luar angkasa. Rusia juga menjadi negara yang bisa membangun pembangkit tenaga nuklir. Dia mencontohkan, beberapa waktu lalu Rusia telah bekerjasama dengan India untuk membangun 10 hingga 20 pembangkit nuklir di India.

“Artinya kami punya potensi dalam bidang energi dan bangkit dari goncangan ekonomi,” pungkas Guluzin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com