Dubes Rusia Optimistis Guncangan Ekonomi Hanya Sementara

Kompas.com - 22/12/2014, 11:12 WIB
Dubes Rusia untuk Indonesia Mikhail Guluzin KOMPAS.com/ Estu SuryowatiDubes Rusia untuk Indonesia Mikhail Guluzin
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Guluzin menyadari negaranya tengah dilanda guncangan ekonomi. Namun menurut dia, guncangan ekonomi merupakan hal yang wajar bagi setiap negara.

“Tapi kami percaya diri, bahwa guncangan ekonomi itu hanya sementara karena Rusia punya potensi ekonomi yang kuat,” ucap Guluzin kepada wartawan di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (22/12/2014).

Dia mengatakan, Rusia mempunyai sumber daya alam, industri, sains potensial, serta sumber daya manusia yang berkualitas. Guluzin sesumbar banyak negara masih sangat tergantung pada minyak dan gas produksi Rusia.

“Minyak dan gas sangat berperan dalam menstabilkan ekonomi Rusia tapi kita juga memiliki peran besar dalam ekonomi dunia, seperti dalam bidang ruang angkasa,” imbuh Guluzin.

Dia juga sesumbar bahwa hanya Rusia negara yang mempunyai pilot pesawat luar angkasa. Rusia juga menjadi negara yang bisa membangun pembangkit tenaga nuklir. Dia mencontohkan, beberapa waktu lalu Rusia telah bekerjasama dengan India untuk membangun 10 hingga 20 pembangkit nuklir di India.

“Artinya kami punya potensi dalam bidang energi dan bangkit dari goncangan ekonomi,” pungkas Guluzin.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X