Ekonomi Terguncang, Rusia Tetap Berkomitmen Menanam Modal di Indonesia

Kompas.com - 22/12/2014, 11:47 WIB
Dubes Rusia untuk Indonesia Mikhail Guluzin KOMPAS.com/ Estu SuryowatiDubes Rusia untuk Indonesia Mikhail Guluzin
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Guluzin meyakinkan pemerintah Indonesia bahwa guncangan ekonomi yang melanda negeri Beruang Merah itu tidak akan mempengaruhi rencana investasinya di Indonesia.

“Saya rasa (guncangan ekonomi) itu tidak akan mempengaruhi rencana Rusia untuk berinvestasi ke Indonesia,” kata Guluzin usai bertemu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil, Senin (22/12/2014) pagi.

Guluzin mengatakan, pimpinan Rusia sudah bertemu dengan pemerintah Indonesia untuk merealisasikan rencana pembangunan pemurnian bijih mineral (smelter) di Kalimantan Barat. Kedua belah pihak sudah melakukan penandatangan nota kesepahaman Februari awal tahun ini.

“Kedua perusahaan sepakat tetap melanjutkan proyek. Terutama untuk eksplorasi hasil bumi dan pembangunan smelter. Proyek ini tidak akan terpengaruh dari guncangan ekonomi Rusia,” kata dia.

Dia memastikan bahwa guncangan ekonomi yang dialami Rusia tidak akan menghambat realisasi proyek itu. Malah, Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin dan Presiden RI Joko Widodo berkomitmen meningkatkan kerjasama ekonomi, tatkala bertemu adalam APEC Summit beberapa waktu lalu.

“Sesuai dengan pidato Presiden Putin dalam konferensi pers beberapa minggu lalu, ia meyakinkan bahwa perekonomian Rusia baik-baik saja. Ini menjadi kesempatan untuk mereformasi ekonomi Rusia,” pungkas Guluzin.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X