Jelang Libur Natal, IHSG Masih Dibayangi Pelemahan

Kompas.com - 23/12/2014, 08:20 WIB
Ilustrasi IHSG KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi IHSG
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan masih bergerak variatif dengan potensi pelemahan, Selasa (23/12/2014). Minimnya transaksi menjelang hari libur Natal dan pelemahan bursa regional menjadi sentimen negatif pergerakan indeks.

Pasar saham Amerika Serikat (AS) melanjutkan kenaikannya dalam empat hari berturut-turut menjadi katalis positif. Indeks Dow Jones Industrial Average menguat sebesar 0,87 persen, sedangkan indeks S&P500 naik sebesar 0,38 persen. Kenaikan ini menjadikan Indeks S&P500 mencetak rekor tertinggi barunya.

Dari pasar saham Asia, pergerakan indeks utama regional pagi ini dibuka melemah. Indeks KOSPI Composite (Korea Selatan) mengalami koreksi 0,18 persen. Sementara itu, harga kontrak berjangka (futures) komoditas bergerak variatif.

Harga minyak mentah WTI naik, sementara harga emas Comex turun. Dari dalam negeri, pemerintah akan mengarahkan pengelolaan keuangan negara dengan dasar defisit anggaran yang lebih sehat.

Target defisit anggaran pemerintahan Joko Widodo diperkirakan akan lebih kecil dibandingkan masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Selain itu, pemerintahan Joko Widodo juga berencana memperbaiki defisit transaksi berjalan.

Sementara Analis Teknikal Mandiri Sekuritas menilai IHSG masih akan bergerak variatif dengan kecenderungan melemah, di kisaran support 5.093 dan resistance 5.178. Beberapa rekomendasi saham berdasarkan analisis teknikal yang dapat dikoleksi adalah BBRI, GGRM, KAEF dan SMGR.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X