BI Perkirakan Rp 88,1 Triliun Uang Beredar Selama Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 23/12/2014, 20:39 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memperkirakan jumlah uang yang beredar (outflow) selama Natal dan Tahun Baru akan naik 11,3 persen sampai 18,7 persen ketimbang tahun lalu.

"Outflow periode Desember 2014 diperkirakan sebesar Rp 82,6 triliun sampai Rp 88,1 triliun," ujar Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI Dian Karmila, di Jakarta, Selasa (23/12/2014). Menurut Dian, rata-rata outflow naik 11,9 persen.

"Sedangkan kenaikan inflow diperkirakan Rp 21,4 triliun sampai Rp 26,1 triliun," kata Dian. Menurut dia, kenaikan outflow dan inflow tersebut merupakan hal yang wajar, karena pada setiap akhir tahun ada siklus musiman terkait transaksi, realisasi anggaran, dan pembayaran tunjangan kinerja akhir tahun dari instansi pemerintah maupun perusahaan swasta.

Lebih lanjut kata Dian, outflow periode Desember 2014 diperkirakan sebagian besar berupa uang pecahan besar (UPB) dengan nominal di atas Rp 20.000, hingga 98 persen. Hanya 2 persen uang beredar yang diperkirakan berupa uang pecahan kecil.

Sementara itu, BI memprediksi uang yang beredar sampai akhir tahun ini akan mencapai Rp 542,8 triliun sampai Rp 566,4 triliun. Angka tersebut meningkat 8,6 persen sampai 13,3 persen dibandingkan tahun lalu sebesar Rp 500 triliun.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X