Kampoeng Wisata BNI Didirikan di Kawasan Candi Borobudur

Kompas.com - 24/12/2014, 08:01 WIB
Gedung BNI KONTAN/ Daniel PrabowoGedung BNI
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) membuka secara resmi Kampoeng BNI Wisata Borobudur di Magelang, Jawa Tengah dan diharapkan bisa lebih mampu memberdayakan masyarakat pelaku wisata di sekitar Candi Borobudur.

Pembukaan Kampoeng BNI Wisata Borobudur ini ditandai dengan Penandatanganan MoU oleh Wakil Direktur Utama BNI, Felia Salim dengan Ketua I Koperasi Pariwisata Daerah (Koparda)  Wonorojo, Nuryanto di sela-sela acara Pembukaan Pesta Keuangan Rakyat (PKR) yang digagas  Otoritas Jasa Keuangan (OJK), di Jakarta, akhir pekan lalu.

MoU ini berkaitan dengan dukungan BNI di bidang pemberdayaan masyarakat dan pengembangan Kampoeng BNI  Wisata  Borobudur melalui penyaluran kredit kemitraan, hingga capacity building.

Corporate Secretary BNI Tribuana Tunggadewi mengatakan, kerja sama ini sangat memungkinkan untuk dikembangkan lagi antara lain dengan penerbitan kartu kredit, pemberian kredit  kemitraan, dan kredit komersial seperti BNI Wira Usaha (BWU) untuk warga di sekitar Borobudur. 

Bantuan BNI untuk Kampoeng BNI Wisata Borobudur sudah dilakukan mulai awal tahun ini,  antara lain melalui kredit kemitraan. Bantuan yang disalurkan melalui program corporate community responsibility (CCR) untuk Kampoeng BNI Wisata Borobudur selama Januari-November 2014  mencapai Rp 3,15 miliar. 

Penyaluran kredit lunak diberikan untuk perajin, pemilik homestay, hingga pedagang hasil bumi. Penyaluran  kredit  kemitraan dari BNI disalurkan melalui Sentra Kredit Kecil (SKC) BNI Magelang.

Persyaratan untuk mendapatkan kredit kemitraan dari BNI adalah usaha mikro yang belum bankable, namun memiliki peluang besar untuk berkembang (feasible), dan usaha telah berjalan  satu  tahun.

Untuk pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga maksimal Rp 100 juta, dengan jangka waktu tiga tahun untuk Kredit Modal Kerja (KMK) dan lima tahun untuk kredit investasi, bunga 6 persen flat per tahun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X