Ekonomi Lesu Natal dan Tahun Baru Hunian Hotel Sepi

Kompas.com - 24/12/2014, 15:27 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

BENGKULU, KOMPAS.com - Lesunya perekonomian nasional dan lemahnya nilai tukar rupiah ternyata berimbas pada tingkat hunian hotel jelang Natal dan tahun baru di Bengkulu, di mana tingkat hunian turun drastis hingga mencapai 30 persen.

Hal ini diungkap Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bengkulu, Sony Adnan, Rabu (24/12/2014). Menurutnya, jika dibanding pada tahun-tahun sebelumnya H-7 menjelang natal dan tahun baru tingkat pesanan hotel telah mencapai 90 persen.

"Namun tahun ini baru terisi hotel-hotel di Bengkulu mencapai 70 persen, hal ini disebabkan lesunya perekonomian nasional dimana harga batubara, CPO, karet dan hasil bumi lainnya cenderung menurun di pasaran internasional dan nasional sehingga masyarakat berfikir ulang untuk merayakan tahun baru seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Sony, Rabu (24/12/2014).

Meski menurun, namun pengelola hotel mengayakan tak akan menurunkan tarif hunian. "Semua harga tarif tetap berlaku normal tak ada perubahan, jika ada promo itu relatif sama dengan harga normal, ini memang kondisi yang sulit padahal mommen seperti ini merupakan target kami untuk menaikkan rate," imbuh dia.

Tahun lalu, permintaan kamar hotel di Bengkulu cukup tinggi. Bahkan, beberapa hotel terpaksa menyulap ruangan gudang menjadi kamar akibat tingginya animo masyarakat. Namun tahun ini kondisi tersebut justru terbalik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.