Ini Saran BEI Agar Tak Tertipu Investasi Bodong di Pasar Modal

Kompas.com - 26/12/2014, 10:11 WIB
Pengunjung melintas di dekat monitor yang menunjukkan perkembangan indeks harga saham gabungan (IHSG) KOMPAS/PRIYOMBODOPengunjung melintas di dekat monitor yang menunjukkan perkembangan indeks harga saham gabungan (IHSG)
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, kOMPAS.com
- Masih minimnya pengetahuan masyarakat tentang pasar modal menjadi sasaran empuk para pelaku yang tidak bertanggung jawab. Biasanya masyarakat diberikan iming-iming imbalan yang besar untuk berinvestasi di pasar modal.

Berinvestasi di pasar modal memang memberikan imbal hasil yang lebih besar dibandingkan menaruh uang di bank. Namun, perlu diingat semua investasi pasti ada risikonya dan tidak semata-mata langsung mendapatkan untung besar.

Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Frederica Widya Sari mengatakan, bursa bersama otoritas terkait gencar melakukan berbagai edukasi ke masyarakat bagaimana berinvestasi di pasar modal agar tidak tertipu.

"Tips dari kita satu, berinvestasi di lembaga yang telah mendapatkan izin dari otoritas terkait. Misalnya perusahaan efek tersebut sudah atau belum mendapatkan izin dari OJK," ujar Kiki sapaan akrab Frederica.

Jika perusahaan efek atau manajer investasi tersebut belum mendapatkan izin, kata Kiki, masyarakat perlu mewaspadainya dan mencoba mencari tempat lain yang lebih terpercaya.

"Jadi jangan mau berinvestasi di tempat yang enggak jelas izin dan sebagainya," ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X