Harga Minyak Dunia Jatuh ke Level Terendah 5 Tahun

Kompas.com - 30/12/2014, 08:43 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com — Harga minyak mentah dunia turun ke tingkat terendah dalam lima tahun terakhir, Senin (29/12/2014) waktu setempat (Selasa pagi WIB).

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari, kehilangan 1,12 dollar AS menjadi berakhir pada 53,61 dollar AS per barrel setelah bertahan di kisaran 56 dollar AS selama hampir dua minggu.

Minyak mentah Brent untuk pengiriman Februari, berdasarkan patokan London, turun 57 sen dari penutupan pada Jumat (26/12/2014) menjadi 57,88 dollar AS per barrel.

Keduanya terakhir diperdagangkan di tingkat tersebut pada Mei 2009.

Analis mengatakan, para pedagang lebih banyak dililit tekanan turun yang ditimbulkan oleh dampak situasi politik di Yunani pada ekonomi Eropa, ekspektasi data buruk di sektor industri Tiongkok, dan kemungkinan peningkatan lain dalam persediaan minyak AS.

"Ini adalah lingkungan yang sangat bearish," kata John Kilduff dari Again Capital.

Kilduff mencatat, harga yang lebih kuat pada awal perdagangan Senin didorong oleh sinyal bahwa produksi Libya dapat terpangkas kembali akibat kebakaran tangki penyimpanan di tengah bentrokan antara pemerintah dan pasukan milisi. "Akan tetapi, dampaknya hanya sedikit di pasar," sebutnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bob Yawger dari Mizuho Securities mengatakan, ada penyebab jangka pendek lainnya yang berpengaruh terhadap penurunan. Salah satunya bahwa operator tangki penyimpanan AS mencoba mengurangi kepemilikan mereka karena alasan pajak pada akhir tahun.



Sumber AFP/ANTARA
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X