Dirut Garuda "Tagih" Janji Jonan soal Diskon Biaya Mendarat

Kompas.com - 30/12/2014, 09:59 WIB
Dirut Garuda Indonesia Arif Wibowo KOMPAS.com/ERLANGGA DJUMENADirut Garuda Indonesia Arif Wibowo
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
- Rencana Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan memberikan diskon 50 persen landing fee untuk pesawat berbadan besar disambut baik Garuda Indonesia.

Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo mengatakan, rencana tersebut merupakan kabar bagus bagi Garuda. Pasalnya saat ini Garuda sudah mengoperasikan pesawat berbadan besar di sejumlah rute.

"Iya, justru itu berita bagus. Sekarang saya cuma tinggal minta uangnya karena Garuda sudah melakukan seperti itu," ujar Arif Wibowo saat wawancara dengan Kompas.com, Jakarta,  Jumat (26/12/2014).

Lebih lanjut kata dia, beberapa rute yang sudah diterbangi Garuda dengan pesawat berbadan besar yaitu rute Surabaya, Ujung Pandang (Makasar), Medan dan Denpasar sudah. "Jadi tinggal minta duitnya kalau begitu," kata Arif sambil tertawa.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan mengaku sedang berupaya mengurangi "kemacetan" pesawat di bandara. Salah satu cara yang saat ini digodok Kemenhub adalah mendorong penggunaan pesawat berkapasitas besar.

Nantinya, kata Jonan, bagi maskapai yang menggunakan pesawat besar akan diberikan diskon 50 persen biaya landing. "Bahwa ada 7 sampai 8 airportyang kita pilih, landing fee-nya 50 persen saja," ujar Jonan di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (9/12/2014).

Lebih lanjut kata dia, upaya pengurangan kemacetan pesawat di bandara itu akan tertuang lebih lanjut dalam Peraturan Menteri (Permen). Jonan mengatakan bahwa Permen tersebut akan segera ditandatangani.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X