Harga BBM Turun, BI Nilai Itu Baik Bagi Inflasi

Kompas.com - 02/01/2015, 12:57 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menyambut baik penurunan harga BBM yang dilakukan pemerintah mulai 1 Januari 2015. Menurut Agus, kebijakan itu akan berdampak bagus bagi pengendalian inflasi.

"Di tahun 2015, kita melihat pemerintah mengumumkan tentang penurunan harga BBN yang ini akan ada dampak bagus untuk kita bisa mengendaikan inflasi lebih jauh," kata Agus setelah menghadiri pembukaan IHSG tahun 2015, Jakarta, Jumat (2/12/2015).

Pentingnya keputusan penurunan harga BBM, kata Agus, lantaran angka inflasi bulan Desember lalu mencapai 2,47 persen akibat kenaikan harga BBM bersubsidi pada pertengahan November 2014. Namun dengan adanya kebijakan penurunan harga BBM, Agus mengatakan bahwa BI memperkirakan inflasi ini years on Years (YoY) 2015 dalam kisaran 4 plus minus 1 persen.

"Tapi perhatian yang harus diberikan kepada pangan strategis karena kita duga yang namanya musim hujan itu tidak terlalu panjang dan dikawatirkan karena kemarin ini musim hujan datang agak terlambat, panen raya Maret-April bisa mundur," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.