Kemenhub Benarkan Adanya 16 Penerbangan yang Sempat Dilarang

Kompas.com - 06/01/2015, 17:38 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membenarkan adanya 16 penerbangan yang sempat dilarang di Bandara Juanda, Sidoarjo, hari ini. Namun, setelah perizinan mereka dicek oleh Kemnhub, ke-16 pesawat itu pun dinyatakan berizin dan langsung diperbolehkan terbang.

"(Saat itu) sedang di-review semuanya, izinnya sudah benar apa belum. Pihak AirNav tidak memberangkatkan pesawat sebelum (maskapai) tunjukkan izin dari Kemenhub. Kalau ada perusahaan berpindah jam (penerbangan), tidak masalah. Kalau berbeda hari, itu jadi masalah," ujar Staf Khusus Menteri Perhubungan Hadi M Djuraid, di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (6/1/2015).

Lebih lanjut, kata dia, keputusan cepat pemberian izin tersebut diambil lantaran 16 penerbangan itu sudah sesuai izin. "Terlalu cepat (ambil keputusan), dianggap buru-buru. Kalau nanti tidak bergerak cepat, dibilang lebay," kata dia.

Sebelumnya, AirNav melarang penerbangan dari 16 pesawat lantaran belum memiliki izin terbang terkait perubahan jadwal terbang. Namun, setelah dicek oleh Kemnhub, pesawat-pesawat tersebut akhirnya diperbolehkan terbang.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X