Rini: Airnav dan Bandara Tidak Pernah Tanya Izin Penerbangan

Kompas.com - 08/01/2015, 10:35 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno KOMPAS.com/ICHA RASTIKMenteri BUMN Rini Soemarno
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mengungkapkan bahwa Perum Air Navigation dan Bandara terkait tidak pernah bertanya terkait izin penerbangan maskapai. Karena hal tersebut banyak maskapai terbang namun izin jamnya belum tentu sesuai dengan data dari Kementerian Perhubungan.

"Persoalannya adalah waktu mereka menyiapkan itu, nanya enggak izinnya mana? Kan itu persoalannya," ujar Rini di kantor Kementerian BUMN, Rabu malam (7/1/2015).

Rini mengatakan, pihak Otoritas Bandara dan Perum Air Navigation sudah terbiasa dengan tidak menanyakan perihal izin. Menurut Rini hal itu adalah sebuah kesalahan sistem dalam bekerja selama ini.

"Ternyata memang kebiasaan kita enggak gitu bu, pokoknya kalau udah tahu, otoritas bandara udah jalan aja. Nah, jadi kan ada kesalahan sistem juga," ungkap Rini.

Rini berharap semua pemangku kepentingan mengenai izin rute penerbangan, harus menanyakan kembali kepada setiap maskapai. Dengan begitu sistem yang selama ini salah, bisa diperbaiki.

"Ini adalah menjadi suatu kebiasaan yang sebelum-sebelumnya seharusnya tidak begitu. Ini memang harus kita perbaiki, ini pasti satu sistem yang salah, ke depan harus kita perbaiki," kata Rini.

baca juga:
Seknas Jokowi: Mudah-mudahan Jonan Dilempar Telur Busuk!
Jonan: Tony Fernandez Mengaku Salah karena AirAsia QZ8501 Tak Ada IzinDapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.