Penghematan, Coca-Cola Akan Pangkas Ribuan Pegawai

Kompas.com - 09/01/2015, 08:45 WIB
Aktivitas pengangkutan minuman kemasan di Pabrik Coca-Cola Amatil Indonesia, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. KOMPAS IMAGES/DHONI SETIAWAN Aktivitas pengangkutan minuman kemasan di Pabrik Coca-Cola Amatil Indonesia, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com -
Raksasa minuman soda AS, Coca-Cola, berencana untuk memangkas 1.600-1.800 pegawainya sebagai upaya penghematan.

Coca-Cola, mengatakan, pengurangan karyawan akan dilakukan di kantor pusat perusahaan, serta di Amerika Utara dan di divisi-divisi internasionalnya. Perusahaan mulai memberitahu karyawan pada Kamis (8/1/2015) waktu setempat.

"Sebagai bagian dari pengumuman kami baru-baru ini, inisiatif produktivitas multi-tahun, kami mendesain ulang model operasi kami untuk merampingkan dan menyederhanakan struktur kami dan mempercepat pertumbuhan bisnis global kami," kata juru bicara Coca-Cola itu dalam pesan surat elektronik yang dikutip AFP.

"Seperti yang telah kami akui sebelumnya, pekerjaan desain ulang ini akan mengakibatkan dampak terhadap pekerjaan di seluruh operasi global kami," sebut dia.

Coca-Cola telah mengalami kesulitan penjualan di pasar baik di AS maupun luar negeri, di tengah sehubungan meningkatnya kekhawatiran masalah kesehatan terkait hubungan soda dengan obesitas dan penyakit kesehatan lainnya. Penjualan global turun dua persen pada 35,1 miliar dollar AS untuk sembilan bulan pertama 2014.

Maret lalu, perusahaan tersebut mengumumkan perampingan operasi global dan memperkirakan penghematan tahunan 3 miliar dollar AS hingga 2019. Dikatakan langkah itu akan memungkinkan menjaga target pertumbuhan jangka panjangnya.

Coca-Cola memiliki 130.600 karyawan di seluruh dunia pada akhir 2013.



Sumber AFP/ANTARA
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X